Monday, July 11, 2011

is that ghost?

Pernah ngalamin kisah yang menyeramkan gak sich? Atau loe mungkin pernah denger cerita-cerita aneh di sekolah? di kampus? Di tempat kost? Well, gue juga sering banget dan salah satu pendengar terbaik yang tertarik dengan cerita-cerita aneh yang menyeramkan dan sampai akhirnya gak mau tidur sendiri karena parno hehehe… seneng banget kalo ngebahas cerita serem bareng temen-temen, apalagi kalo nonton di bioskop wah seru tuch… atau juga denger cerita hantu di radio… tapi gimana rasanya kalo cerita itu bukan Cuma sekedar cerita? Tapi benar-benar kita alami? Benar-benar nyata? Nah ini… cerita gue pas lagi ngekost di Bandung.
***
Satu bulan dua bulan tiga bulan… ya hampir setengah tahun gue ngekos di salah satu rumah di daerah Cihampelas. Awalnya sich nggak ada yang aneh… tinggal di kost-kostan kayak dirumah sendiri, orang yang punya rumah baik banget, anak-anak yang ngekost disana juga dah gue anggep kayak keluarga. Kostan juga aman-aman aja kecuali maling sandal Lyla yang nggak ketauan ampe sekarang hwehehe…
Kejadian-kejadian aneh muncul seiring dengan hobi anak-anak kostan yang sama anehnya hahaha… apaan yua? :-?
Semua temen deket gue yang ngekost disana itu rata-rata anak rumahan, bukan anak mudo yang hobi keluar malam nangkring di café-café atau diskotik. Tapi kita juga tetep butuh hiburan, misalnya nyanyi-nyanyi bareng tiap sore di balkon, jogged gak keruan malem-malem sambil nyetel lagu hip hop kenceng banget (ampe pernah ditegur ibu kostnya lho, tapi kita cuek aja Xixixixi…), selain itu kita juga seneng ngumpul di satu kamar tiap malem jum’at Cuma pengen dengerin cerita-cerita hantu tengah malam di siaran radio Bandung.
Nah, mungkin gara-gara hobi kita yang terakhir… semuanya terjadi…
“Let’s play the music….!!! Dance togetheeeeeeeeeer……..”
Gue, Lia, Lyla, Alin, dan Chici langsung joged-joged gak jelas di kamarnya Chici di lantai atas paling pojok. Itulah basecamp kita tiap malem jum’at. Cuma Dewi, Ika, dan Emi yang jarang gabung. Dewi doyan ngamar sendiri, tapi kadang-kadang dia gabung Cuma ngobrol-ngobrol bentar pas radio mulai muter cerita hantu baru dia ambil langkah seribu balik ke kamarnya di pojok bawah hihihi… nah kalau Ika sama Emi, mereka punya kesibukan sendiri jadi nggak tiap hari ngumpul-ngumpul bareng kita.
“Na… tidur di kamar Lia yuk?” ajak Lia yang kamarnya di sebelah kamar Chici,
“Tumben… ada apaan Ya?” Tanya gue,
“Ah nggak apa-apa… dulu kan kita ngekost sekamar berdua, kangen aja pengen cerita-cerita kayak dulu… hehehe…” jelasnya sambil menyeringai aneh,
“Umm… ya udah dech, gue ambil bantal dulu yach…” gue langsung menuju kamar gue deket pintu keluar menuju balkon dan kamar gue itu posisinya tepat di depan kamar gede yang masih kosong. Gue nggak pernah bisa tidur pake selimut, jadi kalo nginep di kamar laen pasti gue bawa alat tempur alias selimut sama bantal ceper heuheuheu….. gue gembok tu kamar dan langsung masuk kamar Lia.
“Na… sebenernya gue bingung, loe ngerasa ada yang aneh nggak sich dikostan akhir-akhir nich…?” Tanya Lia yang udah tiduran di kasurnya,
Gue mikir sambil berbaring di sampingnya, “Ummm… aneh apanya Ya?”
“Ya kostan ini… pernah denger sesuatu yang aneh nggak?” tanyanya,
“Nggak tuch… ada juga kucing yang suka kotrak kotrek di balkon, tapi itu sich biasa udah nggak aneh…hehe…” jawab gue sambil mainin rambut gue yang lepek baru nyadar udah dua hari belum keramas iiiiich…..
“Kemaren gue nggak bisa tidur Na…”,
“Kenapa lu? Mikirin kucing yang berisik tengah malem apa mikirin gue? Heuheu…”,
“Iyeee… bukan! Tau kan di kostan ini yang pulangnya paling akhir itu pasti kak Ria adenya yang punya kostan…” Lia mulai serius bercerita,
“Iya… dia pulang-nya malem mulu. Emang kenapa?” Tanya gue penasaran,
“Pas malem kemaren itu gue laper jam 10 ke bawah masak mie, ada mas Somadi di dapur yang lagi beres-beres. Dia bilang abis beresin kamar depan, nanti mau diisi kak Lusi kalau pulang dari rumah sakit. Terus dia nyuruh gue matiin lampu bawah kalau udah masak, dia mau tidur waktu itu. Abis gue masak, gue langsung keatas makan di kamar. Udah beres makan, gue nyalain radio sambil tiduran. Gue denger kayak ada yang buka pintu di ruang bawah terus suara langkah kaki naik keatas, itu pasti kak Ria. Dia masuk kamarnya yang di luar deket balkon terus ke bawah ke kamar mandi, gue denger suara air gitu berisik di kamar mandi bawah. Terus kak Ria ke atas lagi masuk kamarnya. Setelah itu gue nggak bisa tidur, ampe jam 2 kali yach… tiba-tiba gue denger suara air kayak ada yang mandi di kamar mandi bawah Na…” jelas Lia,
“Masa kak Ria mandi lagi yach…atau mungkin anak kostan ada yang mandi tengah malem?” tanya gue sambil mikir-mikir agak aneh,
“Gue udah Tanya semua anak kostan tadi pagi, mereka udah di alam mimpi jam segitu Na…” jelasnya lagi,
“Terus siapa donk…?” Tanya gue rada takut,
“Makanya gue juga bingung sendiri…”
***
Kayu itu menjadi pijakan sebagai alas yang seharusnya berkeramik,
Dengan lapisan permadani merah yang terhampar bak lumuran darah yang membeku,
Dingin menyeruak membelai seluruh tubuh dan menembus setiap rongga.
Perempuan-perempuan bercanda ditengah-tengah ruang pengap,
Asyik dengan musik hip hop di salah satu siaran radio,
Semakin larut semakin riang… 11:30 dan musik berganti,
Lantunan musik klasik dengan suara tawa aneh mulai terdengar,
Kisah-kisah aneh diputar, merinding memancing semua ketakutan
Dibawah sadar… sesuatu mengibas… sekilas dalam hitungan detik
Melewati sambil memandangi mereka… kami… aku,
Ia ada….. tak ada…. Tak satu-pun tau
Lewat tengah malam…

“Drrrt…..ddrrrrrtt…” gue kebangun sama getaran hp di sebelah bantal,
“Haduh… ni jangan-jangan Lia minta gue tidur di kamarnya lagi. Jangan bikin takut gue doooonk…….” Gue buka sms yang masuk ke hp gue,
‘Na… udah tidur belum?’ ternyata sms dari Dewi,
‘tadi udah tp kebangun nie ma bunyi hp Hehe… kenapa wie…?’ gue ngebales sms Dewi sambil tidur lagi.
***
Esoknya, hari sabtu kebetulan gak ada jadwal kuliah. Kayak biasa tiap pagi gue nyari makan keluar bareng Lia dan Dewi. Biasanya sich rame-rame tapi sebagian anak kost hari itu pada pulang kampuang hwehehe…
“Wie… semalem kenapa sms nanya gue udah tidur apa belom?” Tanya gue,
“Oh… mm… nanti dech saya cerita sambil makan” jawabnya bikin penasaran,
Setelah beli makan di warung ibu bongkok langganan Dewi, kita langsung balik lagi ke kostan. Makan bareng di kamarnya Dewi, dilantai bawah kamar pojok yang nggak berjendela. Udara Cuma bisa keluar masuk lewat fentilasi aja, tapi kamarnya cukup nyaman dengan lantainya yang berkeramik nggak panas kayak di lantai atas yang Cuma beralas kayu dan ditutupi permadani tebal.
“Tadi malem itu… sebenernya saya takut, tapi karena ngantuk banget jadi males bangun makanya saya sms…” Dewi mulai membuka pembicaraan sambil dia ngebuka bungkusan nasinya,
“Takut…? Kenapa wie…” Tanya gue yang udah dari tadi mulai menyantap nasi, ayam goreng dan tempe bacem,
“Tadi malem itu saya tidur kayak biasa, lampu dimatiin kan…” Dewi mulai bercerita,
“Terus…?” Tanya Lia sambil ngunyah makanannya, kayaknya dia juga penasaran sama kayak gue,
“Saya udah tidur kan soalnya kemaren itu pulang sore capek banget. Tapi tiba-tiba pengap terus kebangun kayak ada bayangan putih lewat gitu. Saya kaget banget, langsung aja saya nyalain lampu tapi bayangan itu udah nggak ada” jelas Dewi,
“Kayak gimana bayangannya wi?” Tanya gue,
“Ya gitu aja gede putih Cuma selewat gitu…” jelasnya lagi.
Gue langsung saling lirik ma Lia, “Jangan-jangan…” kita mikirin hal yang sama waktu itu, inget sama ceritanya Lia malam sebelumnya.
***
Beberapa hari kemudian, gue lagi ngelamun sendiri di kamar. Ngerasa bosen sama suasana kuliah akhir-akhir ini… dan timbul pemikiran gila di otak gue, pindah jurusan. Tanpa pikir panjang gue langsung cabut ke kamarnya Alin ngambil jurusan Bandung-NTB hahaha… emang ada yua… :-? Maksud hati ngin mengajukan banyak pertanyaan tentang jurusan sastra inggris yang diambil Alin, namun terpaksa gue mengurungkan niat itu… soalnya Alin nggak sendiri di kamarnya. Ada Lia disana… dan mereka lagi asyik cerita-cerita. Gue langsung duduk aja ngambil posisi sebagai pendengar hihihi….
“Na… tuch si Alin juga ngalamin kejadian aneh semalem…” kata Lia,
“Kejadian aneh apa lagi…?” Tanya gue,
“Hehehe… sebenarnya sich gue juga bingung, semalem itu mimpi apa bukan tapi bener-bener kerasa jelas banget nich ampe sekarang” ujar Alin sambil megangin pundaknya yang sebelah kanan.
“Ada apa emang semalem Lin?” Tanya gue sambil ngeliatin pundaknya,
“Kemaren tuch Nina nggak pulang, dia nginep dirumah temennya jadi gue tidur sendiri di kamar. Pas tengah malem gue bangun, tiba-tiba kerasa sesek banget. Mau bangun susah kayak ada yang megangin pundak gue, ketahan gitu berat. Baca ayat kursi malah nggak karuan. Ada kali setengah jam-an gue kayak gitu, susah gerak. Gue coba merem terus, tau-tau udah subuh. Gue bengong sendiri aja, mikir itu mimpi apa beneran. Padahal sehari sebelumnya, gue mimpi ada cewek pake gaun putih gitu nongol di pintu…” jelas Alin masih ngusapin pundaknya,
“Masih kerasa sakit…?” Tanya gue sambil nunjuk pundaknya Alin,
“Iya… pegel…” jawabnya.
“Kemaren-kemaren gue, terus Dewi… sekarang Alin…serem banget yach…” ujar Lia,
“Ah… beneran nich gue jadi takut. Nanti malem barengan ah tidurnya…” pinta gue serem sendiri,
“Hahaha… iya…iya…” sahut Lia. “Eh kita barengan aja ajakin si Lyla, sore ini kan dia pulang dari Cianjur” tambahnya,
“Boleh tuch…mau gabung juga Lin?” ajak gue sambil ngelirik Alin,
“Nggak, sore ini gue mau ke rumah tante sama Chici. Gak tau nich nginep apa nggak…” jawab Alin.
***
Malam itu kostan rada sepi. Dewi kayak biasa ngamar sendiri di bawah. Kamar Emi kosong, dia lagi asyik nonton bareng Ika dikamarnya Ika deket kamar Dewi. Kamar Alin juga kosong, dia belum pulang… Nina juga kerja lembur pasti nginep di rumah temennya. Jadi dilantai atas Cuma ada gue, Lyla dan Lia. Lia lagi ngeberesin kamarnya, masang seprei yang baru dia cuci tadi siang. Gue duduk di ruang tengah bareng Lyla. Lyla ngebelakangin kamarnya menghadap meja TV samping kamar gue, sedangkan gue duduk disamping Lyla sambil ngadep kamar Lia posisinya ngebelakangin tangga yang ada disamping kamar gue sendiri.
Pas lagi asyik kita ketawa ngomongin anak kelas yang dulu pernah deketin gue tapi akhirnya ngedeketin Lyla juga…
“Ya ampun… nggak tau malu juga tu anak yach…” ujar gue,
“Iya ich padahal kan tau gue ini temen deket loe Na…”
“Hahahahaha…….” Gue ngakak aja,
“Aaah……Mmmmh….hkhkhk…..” tiba-tiba Lyla yang tadinya masih ketawa berubah histeris sambil nutupin mukanya pake tangan.
Gue melongo kaget, merhatiin Lyla yang jadi aneh… “Kenapa lu La?”
Kali ini kaki-nya gejed-gejed, tangannya nggak sedikit-pun dia lepas dari mukanya. Dia mulai jerit-jerit. “Nie anak kerasukan kali yach…nangis apa ketawa tuch…” pikir gue yang masih heran dengan sikap Lyla. “La… nyebut La…” gue ngingetin dia biar istighfar, tapi dia tetep teriak-teriak.
“Lia sini…” akhirnya gue manggil Lia sambil megangin Lyla takut emang dia kesambet terus ngamuk-ngamuk,
“Eh… kenapa si Lyla?” Tanya Lia ngedeketin kita,
“Nggak tau gue juga kaget, tiba-tiba dia ngejerit histeris gitu…” jelas gue,
“Mmm… Ana… Lia… ayo masuk kamar…” pinta Lyla masih nutupin mukanya sambil berdiri,
“Ya udah ayo… ke kamar gue aja…” ajak Lia.
Kita langsung masuk kamar Lia, Lyla langsung menutup pintu kamar dan menguncinya. Dia terlihat gugup dan ketakutan, gue baru nyadar kalau Lyla kayaknya nggak kesurupan... Alhamdulillah… Tapi kenapa mukanya ketakutan gitu…?
“Loe kenapa La…?” Tanya Lia terheran-heran,
“Itu… tadi… iiich…. Hkhkhk…Astagfirullah…” Lyla masih sangat takut,
“Apaan tadi…?” Tanya gue, “Kita kan tadi lagi cerita-cerita, lu langsung berubah histeris gitu…” ujar gue bingung,
“Ttta…tadi gue… gue lihat sesuatu… depan kamar loe Na…” jawab Lyla terbata-bata,
“Depan kamar gue??? Wah… kamar gue kan kebuka… ada apaan disana La?” Tanya gue kaget takut ada maling yang masuk ngambil buku harian gue terus dia sebarin semua rahasia hidup gue gitu aja… tapi kayaknya nggak mungkin yach… lebay banget ada maling gitu hahaha……. :D
“Tadi ada sekilas bayangan putih gitu…” kali ini jawaban Lyla bener-bener ngebuat gue merinding setengah gila,
“What…??? Bayangan putih…?” gue jadi lemes gemeter, inget cerita Lia, inget cerita Dewi, dan sekarang Lyla… jangan-jangan besok gue yang kena!
‘Ddddrrrrrrrrt………..ddddrrrrrrrrrrrrrtt……’ getaran HP disaku celana gue tambah bikin gue kaget,
“Nggak ada apa-apa kan? Nggak enak perasaan nich…”
Sms dari sang hero ternyata… setiap gue dalam situasi yang gak enak pasti dia tau aja, “Nggak knp2 sch… tapi aku lagi panik ma tmen kost gara2 ada yang liat bayangan putih depan kamar aku…” gue ngebales sms dia.
“Siapa Na…?” Tanya Lia,
“Sms dari cowok gue…” jawab gue masih ketakutan, “Gimana donk pintu kamar gue kebuka Ya…” tiba-tiba gue inget kamar gue yang lupa belum di kunci,
“Sms Ika sama Emi…kasih tau mereka…” ujar Lyla,
“Oh iya…” Lia langsung ngambil hp-nya mulai mengetik,
“Jangan dulu di kasih tau nanti mereka nggak akan mau ke atas…” otak gue langsung muter,
“Iya bener-bener… suruh pada kesini dulu aja yach……..” kata Lia,
“Jangan lupa suruh tutupin pintu kamar gue……” tambah gue, kesempatan hehehe…
Sms dari Lia kayaknya udah terkirim, terdengar suara langkah kaki Ika dan Emi yang menaiki tangga lalu mereka menutup pintu kamar gue dan menuju kamar Lia.
“Tok…tok…tok… oy… bukain donk…” teriak Ika,
Lia membuka pintu, dan cepat-cepat menyuruh mereka masuk dan mengunci pintu kembali. “Cepetan… kunci lagi pintunya…” bisik Lia,
“Hey… nyantei donk emang ada apaan sich…?” Tanya Ika,
“Iya nech kalian nyuruh kita pada ke atas, padahal tadi kita lagi nonton film rame banget lho…” ujar Emi dengan manjanya,
“Ini lebih rame…mengerikan…” bisik gue pada Emi,
“Hah…? Emang ada apa? Itu si Lyla kenapa kayak abis nangis gitu…?” Tanya Emi sambil mandangin Lyla,
“Nah itu… makanya kita nyuruh kalian kesini…” ujar Lia,
“Kenapa lu La?” Ika mendekati Lyla,
Lyla menceritakan kejadian tadi pada Ika dan Emi, mereka langsung kaget dan melirik Lia. “Kenapa nggak bilang aja tadi di sms…?” Tanya Ika, “Hehehe… nanti kalau langsung cerita kalian nggak mau pada kesini…” jelas Lia sambil menyeringai, “Dan nggak akan mau nutupin pintu kamar gue… heuheuheuheu…” sekarang giliran gue yang nyengeh.
‘Ddddrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrt…………..dddrrrrt……’ Hp gw getar lagi,
“Sayang… baca istighfar… ayat kursi kalau perlu ngaji bareng temen2’a. km ht2 yach…” gue baca sms dari Ogi, “Iya… mksh a doain ya biar aq g ktm ma tu hantu ” langsung gue bales smsnya.
Lyla kayaknya masih belum tenang, Lia yang ngelihatnya juga ikut khawatir termasuk Emy dan Ika. “Cowok gue bilang kita mesti banyak istighfar, kit abaca ayat kursi bareng-bareng aja yuk? Atau gak ngaji bareng…” ujar gue.
“Iya tuch boleh, kita yasinan aja…” tambah Lia,
Akhirnya mereka setuju dan di kamarnya Lia kita semua baca surat Yaasin bareng. Suasana masih sangat hening, tapi setelah mengaji semuanya terasa ringan. Lega rasanya…
Setelah hari itu bukan Cuma hantu putih atau suara-suara aneh yang mengganggu anak-anak kosan di tempat gue ngekos, tapi gue sendiri yang suka gangguin mereka hwehehehe… kadang pas tengah malem kalau gue ngerasa takut sendiri gue langsung ngacir gedor-gedor kamar laen minta ditemenin tidur hahaha… gimana gak ketakutan sendiri, semua anak kosan disana udah pernah ngalamin hal-hal aneh dan gue sendiri? Cuma bisa denger cerita doank… jangan-jangan nanti gue juga bakal ngerasain… itu yang gue takutin. Tapi untunglah saat itu menghadapi bulan ramadhan, semua anak-anak kosan jadi rajin shalat bareng, ngaji bareng, dan berhenti ngedengerin cerita hantu malem jum’at. Alhamdulillah… si hantu putih atau apalah itu yang aneh nggak pernah lagi ngegangguin anak kosan.
(Jika setan mengganggumu, maka mohonlah perlindungan kepada ALLAH, sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui - Qs. Al fushilat : 36)
Nah teman-teman jika suatu saat diantara kalian ada yang mengalami kejadian aneh di tempat kost kayak cerita diatas, maka jangan pernah takut… karena Allah akan selalu ada melindungi hamba-Nya yang selalu dekat dengan-Nya.
(The end)
Bandoeng, 2005
By ‘Ntar

No comments:

Post a Comment