Saturday, March 10, 2012

SEORANG INTROVERT



Setelah membaca sebuah artikel yang menceritakan seorang introvert katanya sulit mendapatkan jodoh, aku terbelalak dan bertanya-tanya… benarkah???
Masalahnya… aku merasa bahwa aku adalah seorang introvert. Tapi tunggu dulu, aku mulai melamun dan berpikir kembali… aku seorang introvert bukan yach? Lantas aku browsing dan bertanya pada mbah google, mencari tau tentang pribadi introvert.
Ternyata seorang introvert memiliki karakter yang aneh, pendiam, suka menyendiri, suka termenung, menghindari resiko, kaku, tidak pandai bergaul.
Lantas aku???
Aku senang berimajinasi, bahkan aku juga selalu ingin tampil beda dan mengikuti trend baru dalam berbagai hal… tapi aku sangat pemalu.
Aku selalu berpikir dan kritis mengamati berbagai hal yang perlu diperbaiki… namun aku tidak percaya diri.
Aku senang melihat teman-temanku bermain keluar… jalan-jalan, shopping, nongkrong… tapi aku lebih senang berada dirumah dan menyendiri.
Ketika aku sekolah diluar kota, jauh dari keluarga… hidup sendiri…
Aku kaget dengan dunia luar yang aneh… pergaulan diluar…
Bebas… namun banyak sekali hal-hal baru yang kupelajari.
Mau tidak mau aku harus beradaptasi dengan baik.
Ketika aku mengamati orang seusiaku, aku kaget dengan pribadi mereka yang aneh dimataku.
Mereka senang mencari hal baru, bersosialisasi langsung dengan banyak orang, mereka berwawasan luas, mudah bergaul…
Tidak seperti aku yang tumpul dan sibuk dengan duniaku sendiri. Aku terlalu tertutup, bahkan untuk bertanya saja aku terlalu takut dan malu.
Sesekali beberapa teman menertawakanku, mengejekku…
“Hei… tidakkah kau bosan dengan keseharianmu yang hanya menyendiri dan diam dirumah saja?”
Lantas aku hanya mampu tersenyum…
Aku memang pernah merasa bosan, wajar saja… aku manusia bukan rocker, hehehe… walaupun pernah mencoba menjadi rocker hihihihi…….. :-/ rocker juga manusia yach… *gak lucu dwech… :D
Ya, jawabannya…Ya. Aku memang pernah merasa bosan, tapi karena memang kebiasaanku selalu menyendiri… kebiasaanku hanya diam dirumah… maka aku mampu dengan cepat menghilangkan rasa bosan itu dengan hal-hal yang ku suka walau hanya sendirian.
Dengan hanya mendengarkan lantunan music jadul sampai yang terbaru…
Dengan hanya menulis dalam lembar putih lantas dicoret-coret lagi atau disobek karena sadar isinya gak penting dan gak nyambung…
Dengan hanya mengetik kata-kata aneh yang kuanggap itu adalah puisi yang mampu kurangkai sendiri.
Dengan termenung berjam-jam lantas mulai menuangkan hasil lamunan itu dengan kosa kata yang tidak beraturan dipikirku itu adalah cerita pendek.
Bosan karena diam sendiri dirumah, lantas menghilangkan rasa bosan itu dengan kegiatan yang dilakukan sendiri pula… aneh kah? Tapi memang itu yang terjadi.
Kita emang butuh hiburan… sekali-kali memang tidak ada salahnya jalan keluar… nongkrong… tapi bagi seorang introvert seperti aku, hal seperti itu memang hanya dilakukan sekali-kali bukan kegiatan yang rutin karena bagiku itu terlalu menyita waktu tidak penting dan sangat melelahkan. Tapi mengapa banyak sekali orang memandang negative dan malah menyimpulkan itu adalah hal yang aneh?
Seorang introvert memang tertutup, bahkan ketika menghadapi suatu masalah, orang-orang di dekatku bisa jadi tidak pernah tahu masalah apa yang sedang aku hadapi dan yang pernah aku lalui, bagaimana aku menghadapi dan menyelesaikannya. Tapi tetap saja kita tidak bisa hidup sendiri. Manusia saling membutuhkan, dan berhubung aku juga manusia maka aku juga membutuhkan orang lain hehehe…
Aku ternyata butuh teman untuk berbagi… bertanya…
ketika aku menemukan teman yang mampu diajak berbicara, nyaman ketika dimintai pendapat dan pertolongan… maka aku akan setia dan selalu mengusahakan yang terbaik untuknya.
Namun sayang… seorang introvert yang terlalu sibuk dengan kesendiriannya memang sulit memiliki teman dekat. Aku tidak pandai berkomunikasi, walaupun pernah mengikuti beberapa organisasi, tetap saja pendiam tidak pandai bergaul dengan banyak orang akhirnya aku tidak bisa terbuka dengan siapa-pun. Jika-pun aku bercerita dengan teman… aku tidak pernah menceritakan semuanya secara menyeluruh, untuk menghindari resiko karena aku terlalu sensitive, perasa…
Jadi… pertanyaan tadi diatas sekarang terjawab, aku memang seorang introvert.
Namun benarkah seorang introvert itu sulit mendapatkan jodoh?
Awalnya aku berpikir begitu…
Beruntung aku diciptakan dengan wajah yang lumayanlah… jelek enggak, cantik kayak Luna Maya juga nggak. Jadi ada saja lelaki yang tertarik pada pandangan pertama setelah melihatku. Tapi setelah mengenalku?
Ternyata aku sangat membosankan.
Karena terlalu pendiam, kaku, tidak modis…
Itu bagi lelaki yang tidak bisa menerima aku apa adanya, nyatanya… masih ada lelaki yang tulus dan bisa menerima aku apa adanya.
So? Seorang introvert itu tidak sulit kok mendapatkan jodoh atau teman, karena masalahnya bukan dari karakter introvert yang terlalu pendiamlah… terlalu kakulah jadi membosankan dan disimpulkan sulit mendapat jodoh… itu hanya masalah kecocokan saja. Karena kalau kita sudah cocok dengan seseorang, pastilah kita terbuka dan terkadang mendadak jadi cerewet.
Lantas mengapa seorang introvert itu selalu dipandang rendah? Katanya sulit sukses dan dipandang negative dikatakan salah bergaul.
Kenal dong sama Albert Einstein? Bill gates? J.K. Rowling? Mahatma Ghandi? Mereka termasuk orang yang introvert lho, *dapet baca dari http://alazharku.com/mengenal-pribadi-introvert/
Jadi, apakah seorang introvert itu sulit sukses??? Itu bukan tergantung dari dia seorang introvert atau ekstrovert, tapi dari dirinya sendiri… mau sukses nggak? Manusia semua memiliki keinginan dan tujuan bukan? Maka pastilah memiliki jalannya masing-masing mau dia introvert atau ekstrovert.
So…? Don’t underestimate introvert person!
Allah sangat sayang dan menciptakan umatnya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka kita tidak bisa begitu saja menyimpulkan seseorang seperti ini… seperti itu… salah… benar… baik… buruk… who know? Kita tidak pernah tau ;)


No comments:

Post a Comment