Monday, July 11, 2011

Bandung kota Kembang… Kampus kota Kumbang…

Sukabumi… Cianjur… Tol Padalarang… masuk tol Buah Batu.
“Ini toh Bandung…” Cuma itu kalimat yang nongol di kepala gue pas gue nyampe Jalan Buah Batu Bandung.
Gue turun dari mobil dan melihat ke sekeliling, ada beberapa toko kue berjejer dengan beberapa distro dan restaurant disana. Ramai orang-orang berlalu-lalang, mereka yang mau pada belanja, yang mau kuliah, yang mau kerja dan yang Cuma jalan-jalan aja… atau mungkin diantara mereka juga ada yang kayak gue, lagi pusing nyari kuliahan yang cocok di Bandung setelah gagal masuk Negeri.
“Neng… rujak neng…” seorang bapak tua menawarkan rujak dalam gerobak kecil yang lagi nangkring depan toko kue ‘Kartika’ yang katanya sich kue itu kue khas Bandung jadi orang luar yang datang ke Bandung pasti mampir dulu beli oleh-oleh disini. MMmmm… sebenarnya sich nggak disini aja, banyak banget ‘Kartika’ di Bandung. Cuma kebetulan aja tujuan pertama perjalanan gue ini ke Sekolah Tinggi Seni yang katanya ada di Jalan Buah Batu, so gue beli oleh-olehnya di sekitar situ dech.
“Lama banget mamah beli kuenya….” Ujar gue yang lagi kipas-kipas kepanasan sambil ngedeketin tukang rujak, eeeiiiiitz… jangan GeEr dulu yua mang… ^^
“Berapa rujaknya mang?” Tanya gue sambil milih-milih rujak yang udah di plastikin diatas gerobak,
“Lima rebu neng…” jawab si emang rujak,
“Hah…? Mehel eh… mahal sich mang?” gue kaget, biasanya kalo depan sekolah gue rujak yang dah di plastikin gitu harganya dua rebu paling mahal. Tapi tengsin juga kalo gak jadi beli, “Ni dech mang satu aja…” pinta gue sambil ngasihin selembar lima ribu dengan berat hati. Hmm… ini bedanya kalo di kota, rujak aja mahal… hahaha………
“Sayaaang… tolong bantuin nich simpen di mobil…” pinta mamah ketika keluar dari toko kue sambil membawa dua kresek putih gede. Gue langsung ambil tu kresek dan kita langsung naik mobil keluar parkiran dan menuju kampus.
Sampailah pada sebuah bangunan tua…… bener-bener bangunan tua lho, tepatnya sich setengah bangunan tua dan setengah lagi sepertinya bangunan baru. Gue celingak-celinguk aja menatapi seluruh bangunan depan kampus itu. Paman mulai memarkirkan mobil di depan sebuah kantor, dimana dekat pintu kantor itu ada tulisan ‘Pendaftaran Mahasiswa Baru’.
Berat banget kaki gue turun di tempat itu, udah banyak hal yang nempel di otak gue pas pertama kali lihat bangunan tua itu. Jangan-jangan… kampus ini banyak hantunya… serem banget…
“Risna ayo……… bawa persyaratannya kita sekalian daftar” mamah menarik lengan gue sambil nunjuk-nunjuk map biru.
“Mamah aja dech yang daftar…” ujar gue sambil ketakutan,
“Eeh… eta budak kumaha ceunah mau jadi orang Bandung tong isinan kitu ah bilih ngisinkeun…” kata Paman gue yang doyan banget ngasih wejangan.
“Iya iya…” gue kepaksa turun dan masuk sambil bawa-bawa map yang isinya harta gue… modal masa depan gue hehehe… Dan akhirnya saat itu gue daftar di Sekolah Seni jurusan Teater.
“Gimana mau langsung pulang atau masih penasaran dengan kampus yang lainnya?” Tanya Paman,
“Nggak coba daftar di Sekolah Bahasa Na?” Tanya Om Rian, temennya mamah yang jadi guide kita ke Bandung.
“Ya udah kita coba kesana aja mumpung masih di Bandung…” ujar mamah.
Gue Cuma ngangguk doank ngikutin aja, dan akhirnya kita langsung keluar dari bangunan itu dan menuju arah Cihampelas. Katanya sich Cihampelas ini dah masuk daerah kota, terkenal dengan kota jeans dan ternyata sesampainya kita disana memang banyak sekali yang jual jeans di sepanjang jalan. Apalagi ada mall gede, wah gue jadi tambah semanget pengen tau kayak gimana kampus yang diceritain Om Rian.
Sampailah kita pada sebuah bangunan yang jauh beda dengan kampus di buah batu tadi. Sekolah Tinggi Bahasa yang terletak di pinggir jalan ini langsung ngebuat gue jatuh hati. Walaupun sebenarnya… gue udah cinta mati sama sebuah kampus di Jakarta, Sekolah Seni yang udah gue idam-idamkan. Tapi apa mau dikata… gue udah gak mungkin kuliah disana, so… gue pikir inilah pilihan terakhir gue.
Kenapa harus Bandung? Itu juga sich yang gue tanyain sama mamah… kenapa kayaknya mamah lebih ngedukung gue kuliah di daerah Bandung daripada di kota lain? Karena Bandung itu kota kembang… Hehehe… gue nggak ngerti sama jawaban mamah itu, kasarnya yang gue tau mungkin kota ini belum begitu parah-parah banget pergaulannya jadi mamah gak khawatir ninggalin gue hidup sendiri di Bandung nantinya. Dan sebagai cewek cantik (Jjjjiaaaaaaaaaaaaaaah…. PeDe gue :P ), gue mulai membiasakan berkerudung untuk membatasi pandangan-pandangan tajam para kumbang. Karena baru sekali gue turun depan kampus aja… banyak kumbang aneh berkeliaran disana hwehehehe…
***

1 comment: